Senin, 06 Juni 2016





USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

JUDUL PROGRAM:

KURMA SALAK UNTUK MMEMBERDAYAKAN DAN MENAMBAH NILAI EKONOMIS BUAH SALAK DI PASURUAN

BIDANG KEGIATAN :

PKM-K


DIUSULKAN OLEH :


AWWALIA NUR HAYATI ( 13650013, ANGKATAN 2013 )



JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM
MALANG
2016


HALAMAN PENGESAHAN
1.    Judul Kegiatan       :  Kurma Salak untuk Memberdayakan dan Menambah Nilai Ekonomis Buah Salak di Pasuruan.
2.    Bidang Kegiatan    : (  ) PKM-P                (√) PKM-K
  (  ) PKM-T                (  ) PKM-M
3.    Ketua Pelaksana Kegiatan
a.    Nama Lengkap              : AWWALIA NUR HAYATI
b.    NIM                               : 13650013
c.    Jurusan                           : Teknik Informatika S-1
d.   Institut                           : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
e.    Alamat Rumah              : Malang
f.     No.Telp / HP                 : 085648327196
g.    Alamat Email                 : awwalia.an@gmail.com
4.    Anggota Pelakasana           : 0 orang
5.    Dosen Pendamping                       
a.    Nama Lengkap dan Gelar         : Ali Mahmudi.
b.    NIP                                            : 
c.    Alamat Rumah                          : Malang
d.   No.Telp / HP `                           : 081233 180 361
6.    Biaya Kegiatan Total
a.    Dikti                                          : Rp.5.870.000,00-
b.    Sumber lain                                : -
7.    Jangka Waktu Pelaksanaan            : 5 Bulan


                                                                                Malang, 7 Juni 2016
                      Menyetujui
    Ketua Jurusan T.Informatika S-1                                         Ketua Pelaksana



          (Dr. Cahyo Crysdian)                                                  (Awwalia Nur Hayati)
         NIP. 197404162005011022                                                NIM. 13650013                 



A.    JUDUL
Kurma Salak untuk Memberdayakan dan Menambah Nilai Ekonomis Buah Salak di Pasuruan.

B.     LATAR BELAKANG
Buah salak merupakan buah yang bentuknya unik dan rasa manis dan asam. Buah salak ini merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi masyarakat luas dan untuk semua kalangan. Buah salak juga memiliki banyak kandungan gizi yang cukup lengkap. Setiap 100gr buah salak mengandung energi sebesar 368 kilikalori, protein 0,8 gram, karbohidrat 90,3 gram, lemak 0,4 gram, kalsium 38 miligram, fosfor 31 miligram, zat besi 3,9 miligram. Selain itu  didalam sebuah salak juga mengandung vitamin C sebesar 8,4 miligram. Buah salak banyak bermanfaat, diantaranya kesehatan, kecantikan, pencegah kanker, untuk diet, mencerdaskan otak, rabun jauh, dll. Akan tetapi buah salak ini mudah busuk. Apabila sesudah dipetik dari pohonnya dan tidak segera dikonsumsi, maka ketika sudah mencapai 4-5 hari salak dapat membusuk. Di Pasuruan daerah kabupaten banyak pohon-pohon salak yang hanya dijual bentuk mentahan saja, terkadang ketika sudah musim buah salak salak hanya seharga Rp.1.000,- saja per kilo-nya, karena sudah marak penjual/dagang dipasaran baik dari hasil panennya sendiri atau hasil dari beli keorang lain yang kemudian dijual lagi. Ketika sudah musiman seperti itu banyak pedangang yang pulang dengan hasil yang tidak seberapa karena harganya yang murah. Oleh karena itu kami mengajukan Progam Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan yang berjudul : Camilan Masa “Usaha Kurma Salak untuk Memberdayakan dan Meningkatkan Nilai Ekonomis Buah Salak di Pasuruan”. Yang bertujuan agar buah salak yang mempunyai kelemahan membusuk dapat diolah menjadi barang kering yang bertahan lama dan dapat meningkatkan nilai ekonomis dari buah salak tersebut dan dengan harga yang teta stabil.

C.    PERUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana proses pengolahan buah salak yang melimpah di Pasuruan agar dapat meningkatkan nilai ekonomisnya?


D.    TUJUAN
1.      Untuk mengolah buah salak menjadi kurma salak yang dapat bertahan lama dan dapat meningkatkan nilai ekonomisnya.
2.      Agar lebih diminati oleh semua kalangan, karena yang mengkonsumsinya mendapatkan khasiat dari buah salaknya.

E.     LUARAN YANG DIHARAPKAN
Luaran  yang diharapkan adalah  terciptanya  usaha kurma salak yang disukai semua kalangan karena harga yang terjangkau sehingga masyarakat banyak yang menyukainya, dan dapat memperoleh pangsa pasar yang besar. Selain itu diharapkan salak yang ada di pasuruan dapat meningkatkan nilai ekonomisnya.  

F.     KEGUNAAN
1.      Dapat meningkatkan enghasilan penjual buah salak di Pasuruan.
2.      Dapat meningkatkan nilai ekonomis buah salak dan tahan lama.

G.    GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN
Berawal dari keinginan untuk memperoleh pendapatan sendiri, karena ingin hidup mandiri tanpa menyusahkan orang tua lagi karena sudah berstatus sebagai mahasiswa dan membutuhkan biaya yang besar, kami ingin mebuka usaha kami membuat kurma salak. Usaha kurma salak ini terinnspirasi dari ketika mengunjungi saudara yang ada di pasuruan yang memiliki kebun salak yang suatu tertentu hasil buahnya melimpah, sehingga terkadang sampai membusuk karena tidak sanggup mengkonsumsinya. Mulai dari itu mulai terpikirkan mau dibuat apa buah salak ini. Kurma salak ini nantinya akan dikemas dalam packaging berupa kardus kecil. Pada system penjualan, kami akan membuka stand yang bertempat di Jl. Sunan Kalijaga dalam dan kami akan menerima pesanan dalam jumlah besar. Tidak menutup kemungkinan kami akan membuat beraneka ragam macam rasa buah-buahan, karena biasanya disukai anak-anak maupun orang dewasa. Dalam usaha dagang ini kami memiliki beberapa proyeksi usaha meliputi:

a.       Potensi sumber daya manusia
Ditinjau dari potensi sumber daya manusianya, usaha kami memiliki tenaga kerja yang profesional sesuai bidangnya karena SDM kami ada yang ahli memasak sebagai mahasiswa tata boga, dan kami mampu untuk memasarkan produk, sebab kami berasal dari perguruan tinggi Progam Studi Manajemen.

b.      Jenis pelayanan
Kami memiliki beberapa kriteria pelayanan, yaitu pelayanan dengan cara menerima pemesanan bentuk produk sesuai selera, dan pelayanan langsung sesuai produk yang telah disediakan.

c.       Target pasar
1.      Jangka pendek, masyarakat malang.
2.    Jangka menengah, jika usaha kami berkembang kami akan mendirikan cabang di wilayah kota Malang dan Pasuruan. Sehingga dapat melayani seluruh masyarakat di kota Malang maupun Pasuruan.
3.   Jangka panjang, jika usaha kami mengalami perkembangkan yang amat pesat di Malang dan Pasuruan, maka kami akan meluaskan lagi cabang di berbagai daerah di Indonesia yang mampu kami jangkau.

d.      Proyeksi Finansil
Dalam sebulan kami mengasumsikan produk kami terjual 150 kotak. Dalam setiap kemasan kami akan mengisi 250 gr kurma salak dan akan dibandrol dengan harga Rp.10.000,- per kemasan/porsinya. Untuk 2kg salak akan diperoleh 6 porsi kurma salak dan dibutuhkan 1 kg gula untuk membuatnya. Karena air di Surabaya Berkaporit jadi kami akan menggunakan air mineral/gallon sebagai pelarut gulanya ketika akan diproses pemasakan. Berikut ini akan dijelaskan modal yang diperlukan untuk menjalankan usaha ini. Modal yang diperlukan untuk usaha ini akan dijabarkan pada Tabel 2.1.

Tabel 2.1 Rincian Modal Usaha
No.
Jenis Biaya Operasional
Nominal
1.
300kg salak  @Rp 4.000,-
Rp  1.2001.200.000,-
2.
150 kgula pasir @Rp 13.000,-
Rp  1.950.000,-
3.
10 kali air isi ulang @Rp 5.000,-
Rp       50.000,-
4.
20 kg ekstraksi buah @Rp 25.000,-
Rp     500.000,-
5.
15 pack plastic kemas @Rp 20.000,-
Rp     300.000,-
6.
10 pack plastic mika @Rp 20.000,-
Rp     200.000,-
7.
800 packaging @Rp 500,-
Rp     400.000,-
Jumlah
Rp  4.600.000,-

Hasil penyusutan kurma salak menjadi 2/3 hasii awal, jadi berdasarkan perhitungan modal diatas , yaitu: 2/3x300kg = 200kg karena tiap kemasan akan diisi dengan kurma salak 250g maka akan diperoleh 200kg:0,25kg = 800 kotak.
Dengam mengetahui hasil jadi akan dibuat maka harga pokoknya untuk tiap kemasan, yaitu Rp 4.600.000 : 800 = Rp 5.750Rp. Perhitungan profit akan disajikan pada Tabel 4.2.

Tabel 2.2 Perhitungan Profit
Harga Jual
Rp    10.000,-
Biaya Produksi
Rp       5.750,-
Profit
Rp       4.250,-
Jumlah
800 buah
Total Profit
Rp  3.400.000,-

Berdasarkan perhitungan diatas, kami akan menjual harga kurma salak per porsi yaitu dengan Rp  10.000,-  untuk  800  kemasan  maka  akan  diperoleh  pemasukan  sebesar  Rp 8.000.000,-.  Berdasarkan  pemasukan  dikurangi  modal  maka  akadidapatkan profit sebesar Rp 3.400.000,-. Proses produksi  akan  ditangani  oletim  kami sendiri. Penjualan akan kami lakukan secara konvensional dan melalui media online. Untuk secara konvensional kami akajual dengan membuka stand di Jl. Sunan Kalijaga Dalam Malang. Secara online kami akan menggunakan situs belanja online dan facebook.

H.    METODE PELAKSANAAN
1.      Persiapan Program
Persiapan program terlebih dahulu adalah dengan mengadakameeting dengan anggota kelompok dan dosen pembimbing untuk membahas agenda kedepan dan pembagian job discription dan deadline terhadap para anggota. Pada tahap ini adalah penyusunan target-target yang akan dilakukan dalam jangka dekat yaitu satu bulan dan jangka panjang yaitu empat bulan.
2.      Pembuatan contoh produk yang akan diproduksi
Tahap ini adalah tahap pembuatan produk yang akan kami produksi. Pada proses ini kami akan membuat beberapa produk(dari segi rasa ekstrak buah)  yang akan kami tawarkan kepada pelanggan.

3.      Pelaksanaan Produksi awal
Berikut ini adalah tahapan produksinya:
a)      Masukkan salak kedalam keranjang untuk dikupas kulitnya.
b)      Cuci bersih buah salak yang sudah di kupas kulitnya
c)      Memasukkan salak kedalam panic besar
d)     Masukkan air secukupnya
e)      Tambahkan gula pasir 1:2 dari salak kemudian rebus selama satu jam
f)       Masukkan ekstraksi buah salak dan rebus lagi selama satu jam
g)      Setelah selesai diamkan selama semalam untuk menunggu airnya meresap
h)      Kemidian tiriskan selama dua jam, untuk kemudian dimasukkan kedalam oven selama satu hari.
i)        Kurma salak kemudian dikemas untuk kemudian dijual.

4.      Penyediaan alat pemasaran
Pada  tahap  ini  akan  kami  buat  alat  pemasaran guna mempromosikan produk. Alat yang dibutuhkan antara lain:
a)      Brosur, berupa selebaran yang di berikan kepada para calon konsumen. Isi brosur berisi contoh  produk, harga produk, alamat kantor pemasaran dan Nomor telepon genggam yang bisa dihubungi.
b)      Kartu nama, gunanya sebagai sarana promosi kepada relasi dekat.
c)      Baner, digunakan untuk papan nama usaha yang dipasang di lokasi usaha.
d)     X-Baner, digunakan sebagai identitas kami saat melakukan promosi di suatu tempat guna mengenalkan produk kami. X- baner haya berisi identitas dan contoh gambar produk.
e)      Pamphlet, untuk ditempelkan di tampat umum.

5.      Pemasaran
Pemasaran dilakukan setelah semua alat pemasaran tersedia. Pemasaran yang kami lakukan akan dilakukan secara manual, melalui media cetak dan elektronik.
Pada pemasaran dengan cara manual digabungkan dengan melalui media cetak yaitu dengan cara mempromosikan di suatu tempat dengan menggunakan alat pemasaran. Alat yang digunakan yaitu brosur, pamphlet, banner dan X-baner. Brosur yang di cetak akan dibagi-bagikan kepada masyarakat, untu pamphlet kami akan menempelkan di jalan-jalan, dan madding tempat kuliah ke masing-masing jurusan, sedangkan X-baner dan banner dipasang di stand kami. Pada tahap ini dapat dilakukan dengan cara mengikuti pameran atau bazar, promosi melalui instansi, atau secara penawaran langsung terhadap rekanan.
Pada pemasaran yang menggunakan media elektronik, kami akan mengunakan situs belanja online yang ada, facebook, blog, dan email. Akses internet yang baik di Indonesia saat ini, memudahkan kami untuk menyebar luaskan informasi terkait  produk yang   ditawarkan. Selai sebaga sarana pemasara medi elektronik   ini digunakan untuk akses jaringan kemitraan.

6.      Produksi Lanjutan
Pelanggan bisa menelpon kami di nomor yang sudah ada di kartu nama, brosur, pamflet, dan alat promosi lainnya. Pelanggan menjelaskan jumlah kotak peanan produk yang diinginkan. Kami akan datang ke rumah pelanggan untuk mengantarkan produk kami yang dipesan atau pelanggan dapat secara langsung mengambil pesananya ke tempat kami. Tenaga kerja usaha dagang ini untuk permulaan akan kami tangani sendiri. Bila mendapat pelanggan yang banyak maka kami akan melakukan recruitment tenaga kerja baru.

7.      Evaluasi
Evaluasi dilakukan setiap bulannya guna mengetahui kemajuan usaha dan pengembangan usaha kedepan.



I.       JADWAL KEGIATAN
Jadwal pelaksanaan kegiatan programyang diajulkan adalah sebagai berikut.
Tabel II. Jadwal Kegiatan Program
No
Jenis Kegiatan
Bulan
1
2
3
4
5
1
Rapat internal rencana usaha dan pembagian job disk




2
Pembelian alat




3
Pembelian Bahan




4
Pelaksanaan Produksi awal




5
Penyediaan alat pemasaran
6
Pemasaran

7
Produksi Lanjutan

8
Evaluasi

9
Laporan Kemajuan




10
Laporan Akhir





J.      RANCANGAN BIAYA
Berikut adalah rincian estimasi biaya untuk pelaksanaan program.
Table III. Rancangan Biaya
No                      
Jenis Pengeluaran
Biaya (Rp)
1.
Peralatan penunjang
3.025.000
2.
Bahan habis pakai
4.600.000
3.
Perjalanan
1.850.000
4.
Lain-lain
1.675.000
Total (Rp)
12.150.000

K.    LAMPIRAN
1.      BIODATA KETUA dan ANGGOTA KELOMPOK
1.      Ketua Pelaksana
a.       Nama Lengkap                            :  Awwalia Nur Hayati
b.      Tempat Tanggal Lahir                  :  Blitar, 14 Maret 1995
c.       NIM                                             13650013
d.      Fakultas/Program Studi               :  Teknik Informatika S-1
e.         Perguruan Tinggi                        :  Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
f.       Angkatan                                     :  2013
g.      Waktu untuk kegiatan PKM        :  4  jam/minggu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar